Pengaruh Beberapa Faktor Teknis Produksi Terhadap Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas

Authors

  • Sadjadi Universitas Musi Rawas
  • Hayatun Nofrida Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Musi Rawas
  • M. Ismail Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Musi Rawas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan peternak dan faktor teknis produksi yang mempengaruhi pendapatan usaha peternakan sapi potong di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap usaha peternak diseluruh desa yang ada di Kecamatan Tugumulyo.Penentuan desa ditentukan secara sengaja (purposive sampling) dengan dengan pengambilan sampel sebanyak 40 responden, variabel yang diukur adalah pendapatan dan faktor-faktor teknis produksi yang mempengaruhi pendapatan.Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis pendapatan dan Teknik Ekonometri dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjuakan bahwa rata-rata pendapatan(Y) peternak sapi potong di daerah Kecamatan Tugumulyo sebesar Rp.29.489.250,- dalam setahun. variabel yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan peternakan sapi potong di Kecamatan Tugumulyo adalah skala kepemilikan(X4). Sedangkan variabel biaya hijauan(X1), biaya konsentrat(X2), biaya obat-obatan(X3), dan pendidikan(X5) tidak berpengaruh nyata.

Kata Kunci : Pendapatan, Sapi Potong, Faktor Teknis

Downloads

Published

2022-03-23 — Updated on 2023-02-09

Versions

How to Cite

Sadjadi, Hayatun Nofrida, & M. Ismail. (2023). Pengaruh Beberapa Faktor Teknis Produksi Terhadap Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. JURNAL PETERNAKAN SILAMPARI (JPS) ISSN: 2089-4791, 1(1), 21–30. Retrieved from http://www.ejurnal.unmura.org/index.php/peternakansilampari/article/view/36 (Original work published March 23, 2022)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)